Rusia Sebut AS Cederai Peluang Damai di Suriah

Mosleminfo, Moscow–Rusia pada Rabu, menuduh Amerika Serikat telah memperlambat peluang untuk mewujudkan perdamaian di Suriah dengan terus mendorong rencananya mempersenjatai kelompok oposisi yang tengah berusaha untuk menggulingkan Presiden Bashar al-Assad.

Rusia berselisih dengan mitranya di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu terkait penyelesaian konflik tersebut. Sementara itu saat ini Presiden Barack Obama dapat segera memutuskan untuk mempersenjatai kelompok oposisi setelah berhasil meredakan kekhawatiran kongres, lapor Reuters.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan dalam konferensi pers bahwa rencana Washington itu akan melemahkan upaya bersama guna menyelenggarakan sebuah konferensi perdamaian internasional mengenai Suriah yang telah disetujuinya dengan mitranya asal Amerika Serikat, John Kerry, pada bulan Mei.

“Jika mitra Amerika kami sekarang fokus pada mempersenjatai oposisi dan berbagi rencana … untuk menyerang posisi pemerintah Suriah, maka ini, tentu saja, bertentangan dengan perjanjian untuk menyelenggarakan konferensi,” katanya.

“Itu bertentangan dengan inisiatif bersama kami.”

Kemungkinan untuk membawa kelompok oposisi Suriah yang terpecah belah dan Wakil Bashar ke meja perundingan telah memudar dalam beberapa pekan terakhir, dan bantuan dari Hizbullah telah mengubah keadaan di lapangan, yang menguntungkan Bashar.

Bertambahnya dukungan dari Amerika Serikat bisa membantu kelompok oposisi melawan. Pasukan Amerika Serikat dapat membantu dengan berbagai cara, kata pejabat tinggi militer Amerika Serikat, mulai dari pelatihan untuk menegakkan zona larangan terbang atau melakukan serangan terbatas terhadap sasaran militer. (antara)

http://www.mosleminfo.com/index.php/berita/internasional/rusia-cederai-peluang-damai-di-suriah/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: