Saling Bacok Meriahkan Pembukaan Konfercab NU

Tuban (beritajatim.com) – Dalam rangka pembukaan pasar rakyat di alun-alun Kota Tuban, yang merupakan serangkaian kegiatan Konferensi Cabang (Konfercab) Nahdlatul Ulama Kabupaten Tuban, dimeriahkan dengan penampilan atraksi kekebalan tubuh dari para pendekar silat, Sabtu (22/06/2013).

Di antara atraksi ilmu kekebalan tubuh yang diperlihatkan dalam pembukaan pasar rakyat tersebut adalah atraksi peledakan mercon berukuran besar yang dipegangi dengan tangan. Ada pula memanjat tangga yang terbuat dari pedang, serta pertunjukan yang lainnya.

Pantuan beritajatim.com di lapangan, dalam pembukaan itu para pendekar dari perguruan Pagar Nusa melakukan berbagai atraksi memperlihatkan kepada penonton kekebalan tubuh. Mereka melakukan atraksi saling bacok, saling melukai dan saling pukul, tapi tidak seorang pun dari peserta yang mengalami terluka atau sekadar memar.

Selain itu, juga ada aksi panjat tangga yang anak tangganya menggunakan pedang untuk menggambil bendera NU dan Pagar Nusa yang dilakukan pendekar Pagar Nusa. Selanjutnya, bendera tersebut diserahkan Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Husain.

Tak kalah menariknya adalah saat para pendekar melakukan atraksi meledakkan mercon besar dengan dipegangi tangan dan menempelkan mercon di tubuh mereka kemudian diledakkan layaknya bom bunuh diri tanpa menggunakan pengaman apapun. Namun hal itu sempat membuat sejumlah warga yang menonton merasa ngeri dan heran lantaran tidak ada satupun yang terluka.

brt803881012

“Hal ini ditunjukan sebagai simbol bahwa perjuangan NU itu begitu sulit dan penuh rintangan. Namun, NU tetap konsisten untuk menjalankan dan menaklukannya,” terang Khoirul Huda, selaku Humas dan Media Konfercap NU Kabupaten Tuban.

Sementara itu, mengenai kegiatan pasar rakyat tersebut, lebih lanjut Huda mengatakan dalam pasar rakyat yang digelar di alun-alun itu panitia Konfercab telah menyediakan sebanyak 52 stan yang digunakan untuk tempat berjualan bagi berbagai koperasi dan usaha kecil.

“Untuk standnya kita sediakan secara gratis bagi peserta untuk menjual dan memperkenalkan produk yang dihasilkan warga NU kepada masyarakat luas. Sementara untuk Konfercab sendiri akan berlansgung selama dua hari yakni mulai hari ini hingga hari Minggu besuk,” pungkasnya. [mut/but]

http://www.beritajatim.com/detailnews.php/6/Politik%20&%20Pemerintahan/2013-06-23/175716/Saling_Bacok_Meriahkan_Pembukaan_Konfercab_NU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: