Sikap RI Selama Ini Dalam Konflik Mesir Telah Membuahkan Hasil

By. Masykur A. Baddal

Dalam konflik Mesir, Indonesia secara tegas dan konsisten terus menjalankan politik luar negerinya, yang berlandaskan Bebas dan Aktif. Tidak ikut mencampuri urusan internal negeri sahabat. Namun di sisi lain terus mengupayakan berbagai jalan demi terciptanya perdamaian abadi bagi negeri Mesir.

Usaha tersebut juga telah dipertegas oleh Menteri Luar Negeri RI Bapak Marty Natalegawa sendiri. Dalam status Facebooknya pada tanggal 21 Agustus 2013 lalu, saat itu beliau memberitahukan sedang dalam pertemuan dengan Presiden DK PBB, serta memohon do’a seluruh anak bangsa agar upaya Indonesia mencari jalan keluar yang terbaik bagi Mesir, dapat  terealisasikan secepatnya.

Sikap netral tersebut juga disambut baik oleh salah seorang Menteri dalam Pemerintahan Transisi Mesir, yang membidangi Kementerian Penerbangan Sipil Mesir Ir. Abdel Aziz Fadel. Yang dalam statemennya di sela-sela pertemuan dengan Dubes RI Mesir Nur  Faizi Selasa (17/8) mengatakan ” Ia sangat menghargai sikap pemerintah Indonesia yang terus mendukung langkah Mesir ke arah yang lebih baik dan positif”, sebagaimana yang dirilis oleh SK Goumhoria Mesir (27/8).

Pada kesempatan itu, Dubes RI Mesir Nur Fazi, juga telah menandatangani sejumlah kerjasama potensial dengan negera Mesir. Diantaranya, membuka kembali jalur penerbangan udara komersial antara Jakarta Cairo dan sebaliknya. Jalur tersebut nantinya akan diisi oleh maskapai nasional kedua negara, dalam rangka lebih mempererat hubungan kedua negara, serta dalam upaya meningkatkan arus wisatawan di kedua negara.

Perlu diketahui, pada tahun delapan puluhan maskapai penerbangan nasional Indonesia Garuda, pernah membuka jalur penerbangan komersial ke negeri piramida tersebut, namun akibat cost operasional yang sangat tinggi akhirnya penerbangan itu pun ditutup. Pernah dilakukan beberapa kali upaya pembukaan kembali, namun belum diperoleh hasil yang maksimal.

Dalam pertemuan tersebut, juga dibahas kemungkinan memanfaatkan tenaga penerbang muda Mesir untuk kebutuhan penerbangan domestik di Indonesia. Mengingat akan kebutuhan pilot di Indonesia begitu tinggi, dan Indonesia percaya akan kemampuan para pilot terlatih Mesir. Ternyata hal tersebut disambut dengan baik oleh Menteri Penerbangan Sipil Mesir, yang merasa sangat membantu Mesir dalam rangka mencari peluang kerja bagi pilot-pilot mudanya.

Terlepas dari semua itu, kerjasama tersebut bisa saja akan mengarah kepada pemberlakuan pemberian bebas entry visa kepada WNI yang ingin berkunjung ke Mesir nantinya, sebagaimana yang dilakukan oleh Kerajaan Maroko. Sebab selama ini, khusus untuk wilayah Asean, baru Kerajaan Malaysia saja yang mendapatkan fasilitas tersebut. Semoga momentum ini dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah RI dengan sebaiknya, demi meningkatkan arus wisatawan di kedua negara serta menjalin kerjasama bilateral yang lebih menguntungkan bagi kedua negara bersahabat di masa yang akan datang.

Salam

 

http://politik.kompasiana.com/2013/08/28/sikap-ri-selama-ini-dalam-konflik-mesir-telah-membuahkan-hasil-586913.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: