BBC : Presiden Rusia Vladimir Putin peringatkan Amerika Serikat tentang serangan ke Suriah

Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan Amerika dan para sekutunya agar tidak mengambil tindakan sepihak di Suriah.

Ia mengatakan setiap serangan militer tanpa persetujuan PBB akan dipandang sebagai “agresi.”

Presiden AS Barack Obama menyerukan perlunya tindakan hukuman sebagai balasan atas serangan senjata kimia.

Putin mengatakan Rusia tidak sepenuhnya menolak mendukung resolusi Dewan Keamanan PBB yang mengizinkan penggunaan kekuatan, jika sudah terbukti “tanpa keraguan” bahwa pemerintah Suriah menggunakan senjata kimia.

Pada Selasa malam, anggota Klik Komite Hubungan Luar Negeri Senat sepakat untuk menyetujui rancangan resolusi yang mendukung penggunaan kekuatan militer AS.

Intervensi yang akan diputuskan dalam voting pekan depan itu menetapkan batas waktu operasi 60 hari.

Berdasarkan rancangan resolusi, operasi itu akan sebatas “penggunaan kekuatan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat yang terbatas dan terencana terhadap Suriah,” dan larangan menggunakan kekuatan di darat.

AS mengatakan jumlah korban tewas dalam Klik serangan senjata kimia di luar kota Damaskus pada 21 Agustus adalah 1.429 meski negara dan organisasi lain menyebut angka yang lebih rendah.
Bukti meyakinkan

Putin berbicara menjelang KTT G20 di St Petersburg yang akan dibuka pada hari Kamis dan akan berkonsentrasi pada ekonomi global, tapi tampaknya forum itu akan didominasi oleh krisis Suriah.

Dalam wawancara panjang dengan Associated Press dan televisi Channel 1 Rusia, Putin mengatakan “tidak mungkin” Presiden Suriah Bashar al-Assad, sekutu Rusia, menggunakan senjata kimia di saat mereka berhasil menguasai pemberontak.

“Jika ada bukti bahwa Klik senjata kimia digunakan dan oleh tentara biasa…maka bukti ini harus dibawa ke Dewan Keamanan PBB. Dan bukti itu harus meyakinkan,” kata Putin.

Tapi dalam apa yang disebut koresponden sebagai perubahan dalam posisi, ia mengatakan Rusia akan “siap beraksi dalam jalan yang paling tegas dan serius” jika ada bukti meyakinkan bahwa senjata itu digunakan dan siapa yang menggunakan.

Putin mengatakan “terlalu dini” untuk membicarakan apa yang akan dilakukan Rusia jika Amerika beraksi tanpa resolusi PBB.

Ia mengakui bahwa Rusia telah menghentikan pengiriman komponen sistem peluru kendali S-300 ke Suriah.

Sumber :  BBC

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: