Pengadilan Mesir Dituntut Bubarkan Ikhawanul Muslimin

KAIRO – Majelis Hakim Mesir dikabarkan telah mengusulkan kepada pengadilan Mesir untuk membubarkan organisasi Ikhwanul Muslimin yang juga merupakan pendukung presiden terguling Mohamed Morsi.

Majelis hakim Mesir menilai, organisasi ini merupakan penyebab kerusuhan saat unjuk rasa yang berujung pada kekerasan beberapa minggu lalu.

Dilaporkan AFP, Selasa (3/9/2013), gerakan Ikhwanlul Muslimin sebenarnya sudah terdaftar sebagi salah satu organisasi non-pemerintahan pada Maret tahun ini. Akan tetapi, akibat beberapa kasus yang menyeret kelompok ini, kemungkinan kelanjutan Ikhwanul Muslimin akan ditentukan di pengadilan pada 12 November nanti.

Secara tidak langsung, penggembosan gerakan Ikhwanul Muslimin perlahan sudah terjadi. Ini dibuktikan dengan ditangkapnya beberapa pimpinan organisasi Ikhwanul Muslimin yang dihadapkan pada tuduhan sebagai penghasut aksi kekerasan.

Tak hanya pemimpin senior mereka yang sudah diciduk, Mohamed Morsi yang selalu mereka dukung juga sudah diseret ke meja hijau dengan tuduhan yang sama. Sekadar diketahui, Ikhwanul Muslimin didirikan pada 1928 dan resmi dibubarkan oleh militer Mesir pada 1954.

Karena tidak mempunyai keputusan hukum yang kuat, organisasi Ikhwanul Muslimin kembali beroperasi satu dekade kemudian. Prestasi terbesar organisasi yang sampai 2011 lalu masih dinyatakan ilegal ini yakni berhasil memenangi pemilihan umum Mesir.

Selain itu, Ikhwanul Muslimin merupakan salah satu elemen penting yang bisa mendesak diktator Mesir Hosni Mubarak lengser dari tampuk kepemimpinannya. (ade)

 

http://international.okezone.com/read/2013/09/03/412/859816/pengadilan-mesir-dituntut-bubarkan-ikhawanul-muslimin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: