Kunci Ka’bah Akan Diganti Yang Baru

Sebelum membaca berita Kunci Ka’bah, ada baiknya membaca kronologi pemegang kunci ka’bah berikut ini :

Surat Annisaa’ ayat: 58 yang berbunyi:

إن الله يأمركم أن تؤدُّوا الأمانات إلى أهلها…..
Artinya:“Sesungguhnya Allah swt menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya…” dst.
Mengenai ayat di atas para pakar tafsir menyebutkan bahwa sebab turunnya ayat tsb adalah berkenaan dengan masalah kunci ka’bah.
Kronologinya sbb:
Pada saat itu yaitu tepatnya disaat penaklukan kota suci Makkah pada tahun 8-9H atau sekitar 630 masehi. Penulis tafsir Al Manar menukil dari perkataannya penulis kitab “lubab An nuquul” yang isinya sbb: Ibnu murdawiyah mengeluarkan dari jalur al kalabi dari abi sholih-dari ibnu abbas ra berkata: “Disaat penaklukan kota suci Makkah, Rasulullah saw hendak masuk kedalam ka’bah beliau minta dipanggilkan Utsman bin abi tholhah (pemegang kunci ka’bah) kemudian setelah Utsman bin abi thalhah datang, nabi berkata:”Tunjukkan padaku kuncinya! Setelah Utsman bin abi tholhah menunjukkan di telapak tangannya, sayyidina Abbas berdiri seraya berkata: ”Wahai Rasulallah.. Demi ayahku, engkau dan ibuku kumpulkan (berikan) kunci itu kepadaku sekalian tugasku sebagai logistik/kosumsi (jama’ah haji). Mendengar ucapakan sayyidina abbas tsb, si Utsman bin abi thalhah menggenggam lagi telapak tangannya (tidak mau menyerahkan kuncinya). Kemudian nabi berkata :”Berikan kuncinya wahai utsman! Lantas Utsman berkata:”Ini untuk engkau amanah. Kemudian nabi berdiri dan membuka ka’bah dan masuk. Kemudian beliau keluar lagi, melakukan tawaf dan jibril-pun turun dengan membawa perintah untuk mengembalikan kuncinya lagi. Kemudian nabi minta dipanggilkan lagi Utsman bin abi thalhah lantas beliau memberikan kunci itu kepadanya lagi. Kemudian nabi bersabda: (ayat di atas hingga selesai).
Senada dengan riwayat di atas, imam syu’bah mengeluarkannya di dalam tafsirnya namun dari jalur hajjaj dari ibnu juraij. Namun ada tambahan redaksi sbb: Umar bin khattab berkata:”Ayat itu aku tidak pernah mendengar di ucapakan oleh nabi sebelumnya. Saya berkata (pengarang):”Ini jelas sekali bahwa turunnya ayat ini ketika nabi di dalam ka’bah.
Dalam riwayat lain: Nabi menyerahkan kuncinya kepada Utsman dan syaibah seraya berkata:”Ambilah kalian berdua ini selamanya (turun temurun) seperti dulu. Tidak akan ada yang merebutnya dari kalian kecuali orang yang dzalim.
KETERANGAN:
  •  Utsman dan syaibah ini (ابناء عم)
  • Utsman adalah: Utsman bin thalhah bin abi thalhah al ‘abdari. Ia masuk islam bersamaan dgn khalid bin walid dan amr bin ‘ash.
  • Syaibah adalah: Syaibah bin utsman bin abi thalhah.
  • Utsman bin thalhah ini meninggal dunia di suatu peperangan. Sehingga pemegang kunci ka’bah di teruskan oleh syaibah turun temurun hingga sekarang.
Berikut petikan disaat beliau di wawancarai oleh salah satu wartawan:
كيف ورثتم هذه المهنة؟.
|| منذ آلاف السنين وفي عهد رسول الله (صلى الله عليه وسلم) نزل جبريل (عليه السلام) وهو في الكعبة المشرفة بعد فتح مكة بقوله (إن الله يأمركم أن تؤدُّوا الأمانات إلى أهلها) فخرج صلى الله عليه وسلم من الكعبة المشرفة وهو يتلوها، فدعا عثمان وشيبة فأعطاهما المفتاح، وقال خذاها خالدة تالدة لا ينزعها منكم إلا ظالم), وأما أنا فتسلمت هذا المفتاح ولي الآن ما يقارب 17سنة ولله الحمد.
ARTINYA:
Wartawan:”Bagaimana ceritanya kok tugas ini bisa turun temurun hingga jatuh kepada anda?”
Syekh menjawab:”Sejak seribu tahunan yang lalu, di masa rasulullah, Jibril turun ketika nabi saw di dalam ka’bah setelah penaklukan kota suci Makkah dengan membawa ayat 58 surat Annisaa’ diatas. Kemudian nabi keluar dari ka’bah seraya membacakan di depan halayak ayat tsb. Kemudian nabi minta dipanggilkan Utsman dan syaibah lantas memberikan kunci ka’bah kembali kepada mereka berdua seraya berkata:”Ambilah kalian berdua kunci ini. tidak akan ada yang merebutnya dari kalian kecuali org yang dzalim.
Adapun saya menerima kunci ini hingga sekarang krg lebih 17 tahun sudah. Segala Puji hanya milik Allah…

Tahun Baru Hijriyah, Ka’bah akan Miliki Kunci Baru

Kunci dan anak kunci ka’bah akan diganti dengan yang baru selama tradisi mencuci tempat paling suci umat Islam ini pada tahun baru Hijriyah (awal November), menurut pejabat humas masjid Haramain ini.

Kunci baru tersebut akan diserahkan kepada penjaga Ka’bah (Sadin) dan pemasangannya akan dikerjakan dengan kehadirannya, kata Ahmad Al-Mansouri, seorang juru bicara. Al-Mansouri meminta seluruh Muslim untuk tidak mempercayai rumor yang tidak benar terkait dengan perubahan kunci ini.

“Setiap orang harus percaya laporan yang terkonfirmasi dari otoritas terpercaya dalam bidang ini,” katanya. Mengacu pada langkah-langkah untuk mengganti kunci lama, Al-Mansouri mengatakan: permintaan untuk mengganti kunci lama dengan kunci baru pertama kali datang dari mantan Sadin senior Sheikh Abdul Aziz Al-Shaibi. Dia menulis surat pada Raja Abdullah pada 15 Dhulhijjah 1429 yang menyebutkan kesulitannya ketika akan membuka Ka’bah pada bulan Sa’ban 1429 H. Kunci yang dibuat lebih dari 30 tahun lalu itu telah berkarat sehingga perlu diservis yang memerlukan waktu 12 jam sebelum bisa digunakan kembali.

Selanjutnya King Abdulaziz City for Science and Technology (KACST) melakukan penelitian tentang aspek teknis pemindahan kunci. Tim ini juga melakukan penelitian bagaimana membuat kunci yang memiliki ketahanan yang lebih lama serta mempertimbangkan bahwa masa hidup kunci tersebut sudah berakhir sehingga tidak bisa berfungsi secara tepat. Sebagai bagian dari ini, Ia mengusulkan penggantian kunci dengan emas 18 karat. (IINA/mukafi niam)

http://nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,45-id,47500-lang,id-c,internasional-t,Tahun+Baru+Hijriyah++Ka%E2%80%99bah+akan+Miliki+Kunci+Baru-.phpx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: