Mengapa Hizbut Tahrir Menolak Khilafah #ISIS ? Ini 3 Alasan HT

#ISIS (Islamic State of Iraq and Sham), sekarang lebih sering disebut #IS (Islamic State) atau Negara Islam atau Daulah Islamiyah atau Khilafah Islamiyah. Khalifahnya bernama Abu Bakar Al Baghdadi, disebutkan nama aslinya adalah Ibrahim bin Awwad bin Ibrahim Al-Badri Al-Radawi Al-Husseini Al-Samarra’i.  Tetapi beberapa sumber menyebutkan nama aslinya adalah Simon Eliot.

Pendeklarasian Khilafah #ISIS ternyata tidak mendapat pengakuan oleh ulama-ulama besar di Timur Tengah, sebaliknya #ISIS dianggap sebagai kelompok Khawarij. Penolakan terhadap #ISIS datang dari berbagai macam gerakan Islam, bahkan dari kelompok yang selama ini gencar melakukan propaganda Khilafah seperti Hizb ut Tahrir pun menolak Khilafah-ISIS. Bukan hanya itu, sesama gerakan salafi-Jihadi pun menolak Khilafah ISIS, baik yang ada di Suriah maupun di Indonesia seperti Majelis Mujahidin dan lainnya.

HIZBUT TAHRIR TOLAK KHILAFAH #ISIS

Hizbut Tahrir sebenarnya tidak dianggap sebagai kelompok pejuang #Khilafah oleh ISIS. Hizb ut Tahrir juga menolak Khilafah #ISIS karena tidak memenuhi kriteria sebagai Khilafah versi Hizbut Tahrir. Sebenarnya wajar HT menolak Khilafah #ISIS karena bukan HT yang mendeklrasikan, bahkan HT tidak memiliki peran / andil sama sekali, sedangkan karakter HT itu ingin selalu ditonjolkan sebagai pejuang Khilafah terdepan.

Pengalaman penulis bergaul dengan orang HT: boro-boro Hizbut ut Tahrir mau menerima Khilafah yang ditegakkan oleh selain mereka, justru HT akan menjadi yang pertama menolak karena Ashobiyah di kelompok HT itu sangat kuat.

Penulis tidak akan membahas terlalu jauh soal HT, disini hanya ingin POST tulisan mantan syabab Hizbut Tahrir. Simak ulasan mantan syabab Hizbut Tahrir tersebut yang tidak terlalu jauh dengan analisa penulis.

Kenapa HIZBUT TAHRIR MENOLAK khilafah ISIS?

bukankah HT seideologi dengan ISIS?

pertanyaan ini ditanyakan seseorang kepada saya tadi malam. jika ingin menjawab tentu saja pertanyaan ini lebih tepat untuk ditanyakan kepada HT sendiri. namun ada beberapa poin yang menjadi catatan bagi saya untuk menjawab kembali jawaban HT yang terkesan hanya klise, ngeles, tidak masuk akal dan bukan alasan yang sebenarnya.

diantara yang menjadi alasan HT menolak ISIS adalah:
1. karena ISIS tidak memiliki wilayah otonom
2. karena konsep khilafah ISIS tidak jelas
3. karena yang membai’at khilafah ISIS hanyalah milisi al-baghdady

namun jika kita telusuri lebih mendalam maka akan kita temukan alasan yang lebih tepat dan masuk akal, kenapa HT menolak ISIS. diantaranya adalah:
1. karena metode dan tahapan dakwahnya tidak sejalan dengan tujuan didirikan HT.
2. karena alasan ashobiyyah dan haus kekuasaan

HT sendiri dalam metode dakwahnya ada 3 tahapan. 1. Tatsqif wa Takwin (Pembinaan danPengkaderan), 2. Tafa’ul ma’al ummah (Berinteraksi dengan ummat), dan 3. Isti’lamul Hukmi (Penerimaan kekuasaan). jika anda mengamati fase dakwah terakhirnya, maka anda akan menemukan istilah Isti’lamul Hukmi. yang menjadi pertanyaan adalah, kenapa HT menggunakan istilah Isti’lamul Hukmi (Penerimaan kekuasaan) dalam fase terakhirnya? kenapa bukan qiyaamul khilafah (penegakan khilafah)? jawabannya simpel, karena memang HT didirikan memang untuk kepentingan kekuasaan. untuk menerima kekuasaan, bukan untuk menegakkan khilafah, dan juga bukan untuk menyerahkan kekuasaan kepada selain HT. jadi khilafah versi siapapun akan ditolak oleh HT, karena bukan HT yang diamanahi kekhilafahan.

ada banyak syabab yang menolak dengan berbagai argumentasi, namun dapatkah mereka menjawab, pernahkah keluar dari mulut amir HT atau para qiyadahnya bahwa mereka akan menyerahkan kekuasaan khilafah kepada yang berhak menerimanya walaupun itu berada diluar HT?

Sumber https://www.facebook%5Bdot%5Dcom/fauzan369/posts/4542294692853

Ata Abu Rashta Arabic: عطا أبو الرشتة‎ is an Islamic jurist, scholar and writer. He is the global leader of the Islamic political party Hizb ut-Tahrir.

Ata Abu Rashta Arabic: عطا أبو الرشتة‎ is an Islamic jurist, scholar and writer. He is the global leader of the Islamic political party Hizb ut-Tahrir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: